Format
Pembelajaran.
( Desain Pembalajaran
).
Satuan Pendidikan : M.I. ( Madrasah Ibtidaiyah
).
Nama Sekolah : M.I. Sidomulyo, Kec. Ponorogo. Kab.
Ponorogo.
Mata Pelajaran : Qur’an Hadist.
Materi Pokok : Menulis surat Juz’amma dan Hadist pilihan.
Kelas : V / I.
Pertemuan ke : II
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit.
A.Kompetensi Dasa r :
Menulis surat- surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan sesuai
tanda bacanya.
B. Indikator :
1.1.1. Siswa dapat menulis surat Juz ‘amma
dan Hadist pilihan sesuai dengan tanda bacanya.
1.1.2. Siswa dapat menerapkan penulisan
surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan sesuai dengan tanda bacanya dalam kehidupan
sehari –hari.
1.1.3. Siswa dapat mempertahankan penulisan
surat – surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan yang sesuai tanda bacanya dalam kehidupan
sehari –hari.
C.Pendekatan : Terpadu.
D.Media Pembelajaran : Buku tulis, papan tulis, pensil,
spidol.
E. Sumber Belajar : Buku paket Al- Qur’an dan
Hadist untuk MI kelas V / I (satu).
F. Skenario Pembelajaran :
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
I
|
Pendahuluan
|
12 menit.
|
|
|
A.Salam, tegur sapa, pembelajaran di awali ucapan Bismillah.
B.Memberikan informasi tentang kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran secara lisan.
C. Memberikan motivasi pada siswa dengan tanya jawab.
|
2 menit.
5 menit.
5 menit.
|
Tanya jawab.
Ceramah.
Tanya jawab.
|
II
|
Inti
|
60 menit
|
|
|
A.Menjelaskan kaidah cara penulisan surat Juz ‘amma dan Hadist
pilihan sesuai tanda bacanya.
B. Guru memberikan contoh penulisan surat- surat Juz’amma dan hadist
pilihan sesuai dengan tanda bacanya dengan baik dan benar.
C. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum di
mengerti.
D.
Ø Guru
membentuk beberapa kelompok ( berjumlah 4 kelompok ) di dalam kelas.
Ø Guru
membagikan soal yang berupa surat Juz ‘amma yang belum ada tanda bacanya.
Ø Guru
membagikan kertas HVS dan spidol kepada siswa untuk menuliskan hasil
diskusinya.
Ø Para
siswa di suruh untuk mengerjakan materi yang telah di bagikan oleh guru,
bersama dengan kelompok yang telah di tentukan.
Ø Salah
satu delegasi kelompok di-suruh untuk menempelkan hasil diskusinya di papan
tulis.
Ø Kemudian
hasil diskusi kelompok, di presentasikan oleh seorang delegasi masing- masing
kelompok.
Ø Guru
memebagikan klarifikasi, reinforcement ( penguatan ), reward ( pujian ),
kepada semua kelompok.
|
15 menit.
`10 menit.
5 menit.
30 menit.
|
Ceramah.
Demonstrasi.
Tanya jawab.
Group Resume.
|
III
|
Penutup
|
8 menit.
|
|
|
a.Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang telah di bahas.
b. Guru memberikan PR ( Pekerjaan -Rumah ) kepada siswa sebagai tugas
individu.
c.Guru memberikan pesan moral kepada siswa untuk rajin sholat, dan
berbakti kepada kedua orang tua.
d. Guru menutup pembelajaran dengan do’a penutup majlis.
e. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.
|
3 menit.
1 menit.
2 menit.
2 menit.
1 menit.
|
Ceramah.
Ceramah.
Ceramah.
Do’a bersama.
Tanya jawab.
|
E. Materi :
F. Penilaian :
Penilaian Kognitif.
1.Guru
memberikan tugas kepada siswa berupa PR ( Pekerjaan Rumah ), menulis kembali
surat Al- Ikhlas dan Hadist berbakti
dan berbuat baik kepada kedua orang tuanya, sesuai dengan tanda baca yang
benar.
Ponorogo, 23 – 12 -2012.
Mengetahui.
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran.
(
.......................) (........................)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar