Minggu, 17 Februari 2013

RPP


Format Pembelajaran.
( Desain Pembalajaran ).
Satuan Pendidikan                  : M.I. ( Madrasah Ibtidaiyah ).
Nama Sekolah                         : M.I. Sidomulyo, Kec. Ponorogo. Kab. Ponorogo.
Mata Pelajaran                       : Qur’an Hadist.
Materi Pokok                          : Menulis surat Juz’amma dan Hadist pilihan.
Kelas                                        : V / I.
Pertemuan ke                         : II
Alokasi Waktu                         : 2 x 40 menit.

A.Kompetensi Dasa r              :
Menulis surat- surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan sesuai tanda bacanya.
B. Indikator                             :
1.1.1.      Siswa dapat menulis surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan sesuai dengan tanda bacanya.
1.1.2.      Siswa dapat menerapkan penulisan surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan sesuai dengan tanda bacanya dalam kehidupan sehari –hari.
1.1.3.      Siswa dapat mempertahankan penulisan surat – surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan yang sesuai tanda bacanya dalam kehidupan sehari –hari.
C.Pendekatan                          : Terpadu.
D.Media Pembelajaran          : Buku tulis, papan tulis, pensil, spidol.
E. Sumber Belajar                   : Buku paket Al- Qur’an dan Hadist untuk MI kelas V / I (satu).


















F. Skenario Pembelajaran       :


No
KEGIATAN
WAKTU
METODE
I
Pendahuluan
12 menit.


A.Salam, tegur sapa, pembelajaran di    awali ucapan Bismillah.
B.Memberikan informasi tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran secara lisan.
C. Memberikan motivasi pada siswa dengan tanya jawab.
2 menit.

5 menit.


5 menit.
Tanya jawab.

Ceramah.


Tanya jawab.
II
Inti
60 menit


A.Menjelaskan kaidah cara penulisan surat Juz ‘amma dan Hadist pilihan sesuai tanda bacanya.
B. Guru memberikan contoh penulisan surat- surat Juz’amma dan hadist pilihan sesuai dengan tanda bacanya dengan baik dan benar.
C. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum di mengerti.
D.
Ø  Guru membentuk beberapa kelompok ( berjumlah 4 kelompok ) di dalam kelas.
Ø  Guru membagikan soal yang berupa surat Juz ‘amma yang belum ada tanda bacanya.
Ø  Guru membagikan kertas HVS dan spidol kepada siswa untuk menuliskan hasil diskusinya.
Ø  Para siswa di suruh untuk mengerjakan materi yang telah di bagikan oleh guru, bersama dengan kelompok yang telah di tentukan.
Ø  Salah satu delegasi kelompok di-suruh untuk menempelkan hasil diskusinya di papan tulis.
Ø  Kemudian hasil diskusi kelompok, di presentasikan oleh seorang delegasi masing- masing kelompok.
Ø  Guru memebagikan klarifikasi, reinforcement ( penguatan ), reward ( pujian ), kepada semua kelompok.
15 menit.


`10 menit.



5 menit.



30 menit.
Ceramah.


Demonstrasi.



Tanya jawab.



Group Resume.
III
Penutup
8 menit.


a.Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang telah di bahas.
b. Guru memberikan PR ( Pekerjaan -Rumah ) kepada siswa sebagai tugas individu.
c.Guru memberikan pesan moral kepada siswa untuk rajin sholat, dan berbakti kepada kedua orang tua.
d. Guru menutup pembelajaran dengan do’a penutup majlis.
e. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.
3 menit.

1 menit.


2 menit.


2 menit.

1 menit.
Ceramah.

Ceramah.


Ceramah.


Do’a bersama.

Tanya jawab.

E. Materi                                              :


























F. Penilaian                                         :
    Penilaian Kognitif.
1.Guru memberikan tugas kepada siswa berupa PR ( Pekerjaan Rumah ), menulis kembali surat Al-   Ikhlas dan Hadist berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tuanya, sesuai dengan tanda baca yang benar.




Ponorogo, 23 – 12 -2012.
Mengetahui.
Kepala Sekolah                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran.




( .......................)                                                                                                                             (........................)
NIP.                                                                                                                                                       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar